Wisuda Purnawiyata Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH)

  • Nov 03, 2023
  • Semanding

Semanding.desa.id – Puluhan peserta Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) program Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di desa Semanding dinyatakan lulus dan menjalani wisuda pada Jumat (3/11/2023)

SOTH merupakan program yang digagas Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan ketrampilan orang tua dalam pengasuhan. Hal ini guna mengoptimalkan tumbuh kembang dan karakter positif anak.

Program Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) menyediakan sarana untuk menghasilkan anak-anak yang sehat dan berkualitas tinggi sekaligus meminimalkan keterlambatan perkembangan (Stunting)  yang disebabkan oleh pola asuh yang kurang tepat.

Sebagai informasi, berdasarkan Studi Status Gizi Indonesia tahun 2021, angka prevalensi stunting di Jawa Timur adalah 23,5 persen. Terjadi penurunan dari tahun 2019 dimana prevalensi balita stunting masih berada pada angka 27,67 persen. Pemerintah terus berupaya menurunkan angka stunting dengan menargetkan angka prevalensi stunting turun hingga angka 14% pada tahun 2024.

Melalui program SOTH, memberikan pendidikan kepada orang tua guna meningkatkan kemampuan mereka dalam merawat anak, terutama anak balita, sebagai bagian dari usaha menurunkan angka stunting.