Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah Tahun 2024

  • Feb 12, 2024
  • Semanding

Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah Untuk Pemberian Bantuan Pangan Tahun 2024.

Semanding – Kamis, 08 – 02 – 2024

Berdasarkan hasil Rapat Internal Tanggal 6 Nopember 2023 Presiden RI Joko Widodo menugaskan Badan Pangan Nasional untuk melakukan penyaluran CPP pemberian Bantuan Pangan, dimana rencana penyalurannya dimulai bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2024. Kabupaten Tuban mendapatkan alokasi Penerima Bantuan Pangan (PBP) Beras sebanyak 94.257 PBP (rekap PBP terlampir) dan masing-masing PBP mendapatkan 10 (sepuluh) kilogram beras.

Sumber data bantuan pangan beras berasal dari data By Name By Address (BNBA) Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstreme (P3KE) Menko PMK. Penyedia/Operator bantuan beras adalah Perum Bulog.

Berdasarkan Surat BULOG Nomor B-0771/13C02/01/2024 perihal Permohonan Dukungan Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Pangan Beras Tahun 2024 dan sesuai hasil verifikasi dan validasi oleh BULOG dan BAPPEDA-LITBANG Kabupaten Tuban terhadap data BNBA, calon Penerima Bantuan Pangan (PBP) Cadangan Pangan Pemerintah (CBP) tahun 2024 sebanyak 94.257 kepala keluarga dimana terdapat 82.334 kepala keluarga padan telah sesuai dengan data master P3KE dan terdapat 11.293 kepala keluarga belum padan/belum sesuai (rekap jumlah terlampir). Hal tersebut dikarenakan NIK tidak teridentifikasi pada BNBA P3KE. Selanjutnya terhadap data yang belum sesuai, akan dilakukan penetapan Penerima Bantuan Pangan pengganti, dimana sebelumnya dilakukan proses identifikasi oleh perangkat desa setempat dan dituangkan dalam Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutiak (SPTJM) yang ditandatangani oleh perangkat desa setempat, diketahui oleh Kepala Desa setempat.

Dalam pelaksanaan penyaluran Bantuan Pangan Beras Perum BULOG & menetapkan PT. YASA ARTHA TRIMANUNGGAL sebagai Transporter pendistribusian bantuan pangan yang bertanggungjawab penuh atas “ keselamatan barang dimulai dari pintu gudang BULOG sampai ke titik distribusi (dropping point) maupun warga penerima bantuan pangan.

Sebelum didistribusikan kepada PBP, perangkat desa melakukan pengecekan kualitas dan kuantitas bantuan pangan dan apabila ditemukan ketidaksesuaian dapat dikembalikan kepada Perum BULOG dan/atau BUMN Pangan untuk dilakukan penggantian. Pembagian dilakukan di Balai Desa Semanding di mulai pukul 08.00 wib – selesai, desa Semanding mendapatkan 107 PBP.