STOP BUANG AIR BESAR SEMBARANGAN

  • Nov 29, 2023
  • Semanding

Rabu, 29-11-2023, Verifikasi desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) merupakan proses memastikan status Open Defecation Free (ODF) suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan, verifikasi dilakukan oleh TIM VERIFIKATOR PROVINSI JAWA TIMUR.

Perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS/open defecation) termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat. BABS/ open defecation adalah suatu tindakan membuang kotoran tinja di ladang, hutan, semak-semak, sungai, pantai atau area terbuka lainnya dan dibiarkan menyebar sehingga mengkontaminasi lingkungan, tanah, udara dan air.

Berlangsung di Pendopo Kantor Desa Semanding, Pelaksanaan verifikasi turut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Pemerintah Desa Semanding, Dinas Kesehatan Kab. Tuban, Dinas Pendidikan Kab. Tuban, Puskesmas Kecamatan Semanding, Pemerintah Kecamatan Semanding, Babinsa Desa Semanding, Bhabinkamtibmas Desa Semanding.

Dilanjutkan dengan mengunjungi langsung setiap rumah-rumah warga yang ada di Desa Semanding untuk melihat secara langsung ketersediaan jamban sehat keluarga serta melakukan wawancara singkat dalam pengisian quessioner yang telah disipkan oleh Verifikator. Proses verifikasi ini perlu dilakukan untuk mastikan terjadinya perubahan perilaku masyarakat di Desa Semanding dan memastikan bahwa seluruh masyarakat telah terakses dengan Jamban sehat serta berprilaku hidup bersih dan sehat.

Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan verifikasi ODF adalah memantau masyarakat secara langsung terkait perubahan perilaku hidup sehat di pedesaan yang semula masih kental dengan buang air besar di semabarangan tempat dan diharapkan mampu meningkatkan kualitas sanitasi.