Batik Semanding

  • Oct 31, 2023
  • Hasil Desa

Batik Semanding

Batik dan Tuban ibarat ranting dan pohon, tidak dapat dipisahkan. Ya, Tuban terkenal akan keindahan produk-produk batiknya yang sangat khas dan berbeda. Tapi, apakah hanya Batik Kerek saja yang kita kenal?

Ketahuilah, bahwa di Desa Semanding, Kec. Semanding juga memiliki Batik khasnya. Batik yang dibuat oleh tangan-tangan kreatif ibu-ibu Desa Semanding ini sudah dipasarkan hingga ke luar daerah hingga Ibukota, Jakarta. Di bawah naungan Kelompok Arum Melati yang dipimpin oleh Ibu Darsilah, ada sekitar 25 orang yang ikut serta membuat batik Semanding ini.

Awalnya, ibu-ibu ini sering mengikuti kegiatan-kegiatan pelatihan batik yang diadakan oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan  (Diskoperindag) Kabupaten Tuban. Selanjutnya, terbentuklah Kelompok Arum Melati pada tahun 2010 yang diketuai oleh Ibu Darsilah. Kelompok ini juga sering mendapatkan pembinaan dari Diskoperindag Kab. Tuban, serta sering menjadi tempat pelatihan pembuatan batik oleh beberapa sekolah, universitas dan Lembaga-lembaga.

Perlu diketahui, batik Semanding sendiri dibuat murni oleh tangan-tangan terampil ibu-ibu Desa Semanding, tanpa bantuin mesin modern atau sejenisnya. Hanya bermodal kain, canting, lilin, pewarna (alami dan kimia) mereka mampu menghasilkan lembaran-lembaran kain batik yang bernilai tinggi. Pembuatannya pun terbilang tidak sebentar, perlu waktu 2 minggu hingga 1 bulan untuk menjadikan selembar kain batik ukuran 2 m.

Ada berbagai jenis motif yang menjadi ciri khas batik Semanding ini. Diantaranya adalah tekuk dengkul putihan, tekuk dengkul ukel, sigar kupat, gambir seketek, manggar, tambak kanoman, poletan, sekar jagad, grinsing, kawoeng, dan berbagai motif khas Semanding lainnya.

Mengenai harga kain batik Semanding ini juga bervariasi, mulai dari 350 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung motif, tingkat kesulitan dan pewarnaannya.

Bagi yang berminat memesan atau membeli langsung, bisa menghubungi:

Ibu Darsilah : 082140495861