Action Learning Program Kampung Iklim (Proklim) Provinsi Jawa Timur

  • Jun 21, 2024
  • Semanding

21 – 22 Juni 2024 Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Action Learning Program Kampung Iklim (Proklim) di Kabupaten Tuban bertempat di Desa Semanding, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pembelajaran bagi kader-kader lingkungan untuk mempersiapkan Desa Semanding menuju Program Kampung Iklim (Proklim).

Acara pembukaan Action Learning dihadiri oleh Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Kepala Desa Semanding, Pemateri (UPN Veteran Surabaya , Universitas Airlangga, Komunitas Mutiara Berkah) dan peserta Action Learning. Acara diawali dengan Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan Sambutan Selamat Datang dari Kepala Desa Semanding. Pada hari pertama penjelasan penerapan aksi adaptasi mitigasi perubahan iklim dalam mendukung perluasan dan penguatan potensi lokasi proklim tingkat tapak di Kabupaten Tuban (Rizka Novembrianto, ST UPN Veteran Surabaya dan Adnindya Krismahardi, S.Tr.Kes, MKL Universitas Airlangga) dan Perhitungan efektifitas penanganan sampah terhadap potensi timbulan sampah sebagai upaya prefentif aksi mitigasi perubahan iklim di lokasi proklim. Dilanjutkan pada hari kedua menjelaskan mengenai tata cara pengelolaan dan pembuatan kompos dari sampah organik dan kotoran ternak dengan metode komposter (Komunitas Mutiara Berkah dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga)  dan pengelolaan manajemen bank sampah (Dra. Sri Wulandari Komunitas Mutiara Berkah).

Proklim merupakan langkah strategis dan penting dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. Melalui program kegiatan ini mengedukasi dan memberdayakan masyarakat untuk berkontribusi secara aktif dalam upaya mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, dengan mengutamakan pendekatan yang berkelanjutan dan berbasis pada kearifan lokal.