22 Mei 2020 14:12:39
Ditulis oleh Admin

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Bulan Pertama di Desa Semanding

Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang dinanti-nantikan oleh masyarakat Desa Semanding akhirnya bisa dibagikan. Hari ini, Jumat (22/05) Pemerintah Desa Semanding membagikan BLT-DD untuk bulan pertama kepada 135 KPM. Kegiatan yang dihadiri oleh Forkopimka Kec. Semanding, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta pendamping desa ini dimulai setelah sholat Jumat, sekitar pukul 13.00 WIB di Balai Desa Semanding.

Rencana awal, pembagian BLT-DD di Desa Semanding akan dibagikan setelah hari raya Idul Fitri, mengingat Desa Semanding menggunakan Dana Desa tahap II yang hingga Rabu pagi belum masuk ke rekening desa. Ternyata pada Rabu siang, Dana Desa tahap II sesuai informasi dari DPMD Kab. Tuban telah masuk ke seluruh rekening kas desa di Kab. Tuban pada siang hari. Tetapi, mengingat operasional Bank Jatim hanya hingga pukul 12.00 WIB, maka tidak mungkin bisa dicairkan, dan akhirnya mengambil keputusan setelah hari raya seperti desa-desa lain yang menggunakan Dana Desa Tahap II karena sesuai kalender pada hari Kamis-Senin adalah hari libur.

Nasib baik ternyata masih berpihak kepada masyarakat Desa Semanding. Hal ini karena pada malam harinya keluar Surat Edaran Bupati Tuban terkait adanya beberapa perubahan hari libur dan cuti bersama, sehingga hari Jumat tanggal 22 Mei yang semula libur cuti bersama dijadikan sebagai hari kerja. Kemudian, Pemerintah Desa juga menerima informasi dari DPMD Kab. Tuban bahwa hari Jumat bank Jatim menerima pencairan khusus untuk pemerintahan saja, terutama terkait pencairan BLT-DD. Hal ini sejalan dengan perintah Sekda Tuban bahwa BLT-DD harus dibagikan sebelum hari raya Idul Fitri.

"Rencana awal kami cairkan dan bagikan setelah hari raya Idul Fitri karena terkendala dana belum masuk ke rekening. Tetapi karena adanya perubahan aturan dan instruksi dari Sekda, hari ini bisa kami cairkan dan bagikan kepada masyarakat setelah Kamis kemarin kami lembur di hari libur hingga sore hari, " tutur Lik Suyanto, Kepala Desa Semanding.

Di satu sisi, Drs. Danarji, MM selaku Camat Semanding menyampaikan bahwa uang BLT-DD ini jangan sampai disalahfungsikan untuk kebutuhan-kebutuhan lain, seperti pakaian, pulsa dan kebutuhan lainnya. Selain itu, beliau juga menyampaikan agar tetap menjaga protokol kesehatan selama masa pandemi covid-19.

BLT-DD yang hari ini dibagikan merupakan untuk bulan pertama dari total keseluruhan tiga bulan. Dana yang dibagikan hari ini sejumlah 81 juta dengan rincian untuk 135 KPM masing-masing 600rb. Semoga bantuan ini betul-betul dimanfaatkan masyarakat untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok di tengah pandemi covid-19.



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus