20 Mei 2020 11:37:50
Ditulis oleh Admin

PUBLIKASI DATA PENERIMA BANTUAN DI DESA SEMANDING SEBAGAI BENTUK TRANSPARANSI

Data penerima bantuan di setiap desa saat selalu menjadi bahan perbincangan di tengah masyarakat, baik di lingkungan hingga social media. Terlebih, saat ini Indonesia sedang menghadapi pandemi covid-19 yang cukup membuat perekonomian melemah. Oleh karena itu, sebagai bentuk transparansi bantuan kepada masyarakat, Pemerintah Desa Semanding sudah mempublikasikan data penerima bantuan di Balai Desa Semanding, facebook dan website desa.

Penerima bantuan di Desa Semanding berjumlah 422 KK dari jumlah KK di Desa Semanding sebanyak 1270 KK. Hal ini menunjukkan bahwa sekitar 33% masyarakat Desa Semanding menerima berbagai jenis bantuan yang berbeda-beda.

Saat ini, yang cukup menjadi polemik di masyarakat adalah Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Mengingat BLT-DD merupakan bantuan yang bersumber langsung dari Dana Desa dan pendataan pun merupakan kewenangan desa. Untuk verifikasi dan validasi data penerima BLT-DD, Desa Semanding hingga mengadakan 2 kali Musyawarah Desa, mengingat setelah musdes pertama dilaksanakan, ternyata data penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial Pusat ada sedikit perubahan. Hal ini menyebabkan adanya data ganda penerima bantuan, sehingga BPD dan Pemerintah Desa berinisiatif untuk melaksanakan musdes kembali bersama ketua RT, RW dan lembaga desa lainnya pada hari Minggu kemarin (17/05).

"Sesuai arahan Bupati, maka setiap desa wajib mempublikasikan nama-nama penerima bantuan. Tetapi, yang perlu diketahui bahwa kami baru bisa menyalurkan BLT-DD setelah hari raya Idul Fitri. Hal ini terkendala karena anggaran Dana Desa tahap 1 yang sudah di rekening kas desa tidak mencukupi untuk penyaluran BLT-DD bulan pertama mengingat sudah direalisasikan untuk pembangunan gedung serbaguna sebelum adanya pandemi covid-19 di Indonesia. Tetapi, kami sudah mensosialisasikan ke ketua RT, RW dan lembaga desa lainnya saat musdes terkait hal ini, agar dibantu menyampaikan ke masyarakat," ungkap Lik Suyanto, Kepala Desa Semanding.

Bagi masyarakat yang mengetahui keseluruhan data penerima, bisa melihat langsung di papan pengumuman di Balai Desa Semanding atau melalui softcopy yang bisa diunduh di bawah ini. Apabila ada keluhan dan pertanyaan apapun terkait bantuan, silahkan bisa langsung datang di kantor Desa Semanding atau menghubungi ketua RT/RW ataupun perangkat desa di wilayah masing-masing.



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus