24 Februari 2020 11:41:11
Ditulis oleh Admin

GERAKAN PEDULI PELESTARIAN LINGKUNGAN TABUR BENIH IKAN DI SUNGAI RW. 04 DESA SEMANDING

Program gerakan peduli lingkungan yang digagas oleh Sub Karang Taruna RW. 04 bekerja sama dengan organisasi mulai dari tingkat rukun warga sampai desa berjalan lancar, kondusif serta meriah dengan hiburan orjen tunggal. Kegiatan yang berlangsung kemarin (23/12) tersebut adalah rancangan dan harapan semua pihak agar seluruh masyarakat umum dan khususnya Desa Semanding mampu menjaga kebersihan lingkungan serta mampu melihat potensi dampak dari gerakan peduli lingkungan yang bernilai jual.

Ketua panitia sekaligus Ketua Sub Karang Taruna RW. 04, Didik Siswanto, mengharapkan pemerintah mulai dari tingkat desa sampai dengan kecamatan mampu mengawal program ini sehingga terjadi hubungan yang saling bermanfaat bagi masyarakat umum, “Kami berharap acara gerakan peduli lingkungan dan tabur benih ikan ini tak berhenti sampai disini, dari program ini ada kelanjutan dan respon dari pihak pemerintah desa sehingga target jangka panjang kami tercapai yaitu percontohan desa bersih menuju desa basis wisata edukasi.”

Gerakan peduli lingkungan ini juga dihadiri oleh beberapa tamu undangan antara lain, Camat Semanding, Kepala Desa Semanding, Gerakan Lingkungan Desa Semanding, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat dan lainnya.

Drs. Danarji, MM selaku Camat semanding sangat mendukung dan mengapresiasi program gerakan peduli lingkungan masyarakat Desa Semanding khususnya RW. 04 sekaligus pengagas program tersebut.

“Akan kami kawal hingga mampu memberikan kontribusi serta contoh bagi desa lainnya, syukur RW. 04 mampu menjadi perwakilan dalam acara tahunan Kabupaten Tuban yaitu Green and Clean, sehingga nantinya desa ini akan menjadi desa percontohan bagi desa lainnya agar mulai bersih bersih dan melihat potensi desanya. Ini merupakan trobosan baru dan harus kita kawal hingga menjadi basis desa wisata edukasi,” ujar Camat Semanding dalam sambutannya.

"Kami telah melakukan kordinasi dengan seluruh elemen, mulai dari menindaklanjuti permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat tentang tempat pembuangan sampah sementara (TPS), efek hukum yang diterima bagi pembuang sampah sembarangan, hingga koordinasi dengan Camat Semanding terkait rancangan selanjutnya, begitupun berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tuban,” ucap Lik Suyanto selaku Kepala Desa Semanding.

Ketua RW. 04 Suko Gintoro berharap semua elemen masyarakat berperan dan kritis terhadap lingkungan serta mampu menjadi pelopor kebersihan lingkungan sehingga dampak dari sampah tersebut tidak terlalu menganggu ekosistem.

Harapan besar bagi pemuda seperti kami hanyalah mampu menggerakkan masa dan membuat perubahan, namun itu semua akan sia-sia jika para orang tua atau pemerintah daerah tidak mensupport apa yang telah kami programkan. Sehingga harus ada konstruksi kuat dan koordinasi yang aktif sehingga menghasilkan suatu program terencana, berkelanjutan dan bermanfaat untuk jangka panjang. Tidak ada hal besar dalam menjaga kelestarian lingkungan yang ada hanyalah hal kecil namun memberikan efek luar biasa bagi masyrakat.

 

Ditulis oleh = M. Bagus Sulistiyanto (RW. 04)

Disempurnakan oleh = Pemdes Semanding

 



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus