14 Januari 2020 09:38:21
Ditulis oleh Admin

MUSYAWARAH GERAKAN PEDULI LINGKUNGAN RW. 04 DESA SEMANDING

Senin malam (13/01/), Sub Karang Taruna Wijaya Kusuma (Sub Kartar WK 4) berkoordinasi dengan pengurus RW. 04 melakukan pertemuan terkait kegiatan desa sehat lingkungan kuat yang dimulai dari lingkungan RW. 04 Desa Semanding. Pertemuan ini membahas acara yang bertema tabur benih yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 23 Februari 2020 bertempat di lingkungan RW. 04.

Dalam pertemuan di rumah Ketua RW. 04 tersebut, turut dihadiri Kepala Desa Semanding Bpk. Lik Suyanto beserta Sekretaris Desa dan Kepala Dusun Semanding Timur, Ketua BPD Desa Semanding Bpk. Totok Pudji Waluyo, perwakilan Babinsa dan Babhinkamtibmas, Ketua Karang Taruna Desa Semanding Bpk. Lilik Wantomo, Ketua RT di wilayah RW. 04, serta warga RW. 04.

Koordinator tabur benih tahun 2020, Bpk. Rustomo mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan yang semakin menurun, terutama tentang masalah limbah yang sering dibuang dialiran sungai RW. 04. Untuk itu perlu adanya bentuk sikap agar keberlangsungan lingkuangan tetap terjaga, salah satunya melalui tabur benih untuk memperindah aliran sungai.

"Rancangan awal kegiatan ini berawal dari minimnya kesadaran masyarakat lingkungan RW. 04 yang sering membuang sampah di aliran sungai dan berawal dari impian pengurus Karang Taruna RW. 04 yang mengharapkan terjadinya kesadaran akan kebersihan lingkungan kemudian dikordinasikan dengan pengurus RW maka terciplah harapan yang medianya adalah Desa Asri Lingkungan Sehat Basis Wisata," ungkap Rustomo.

Kepala Desa Semanding, Bpk. Lik Suyanto dan Ketua BPD Desa Semadning, Bpk. Totok Pudji Waluyo sangat mendukung kegiatan yang digagas oleh Sub Kartar Wijaya Kusuma dan dibantu oleh Ketua RW yang menjadi penggagas Desa Asri Lingkungan Sehat Basis Wisata.

"Anggota Sub Karang Taruna Wijaya Kusuma sebelumnya juga sudah melakukan pembersihan di sepanjang aliran sungai mulai dari arah barat kemudian menuju ke arah utara, dan mereka juga sudah koordinasi dengan pengurus RW, seperti pembersihan aliran sungai guna persiapan tabur benih," ungkap Ketua Sub Karang Taruna Wijaya Kusuma RW. 04, Didik Siswanto.

Kepala Desa Semanding berharap, dari kegiatan ini, masyarakat bisa teredukasi untuk menjaga kebersihan lingkungan, terutama di sepanjang aliran sungai. Tidak hanya sampai disini, lebih lagi mampu menjadi desa percontohan wisata edukasi lingkungan.

"Harapan kami adalah dari kegiatan ini bisa menjadi sebuah alternatif untuk menjaga lingkungan yang memiliki nilai jual dan tentunya mampu menjadi lingkungan percontohan untuk desa lainnya. Lingkungan asri, sehat, dan menjadi wisata berbasis lingkungan," tutur Bpk. Lik Suyanto dalam sambutannya.

 

Ditulis oleh = M. Bagus Sulistiyanto (RW. 04)

Disempurnakan oleh = Pemdes Semanding



image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus