15 Agustus 2019 09:57:16
Ditulis oleh Admin

PELANTIKAN KEPALA DESA SERENTAK DI KABUPATEN TUBAN

Sebanyak 273 Kepala Desa se-Kabupaten Tuban resmi dilantik oleh Bupati Tuban, K.H. Fathul Huda di Pendopo Kridho Manunggal abupaten Tuban pada Rabu kemarin (14/08). Ratusan Kepala Desa yang terpilih setelah melalui Pemilihan Kepala Desa Serentak pada 10 Juli 2019. Didampingi oleh Forkopimda Kabupaten Tuban, beliau menyerahkan SK Kepala Desa 2019-2025 kepada 273 Kepala Desa satu per satu.

Acara pelantikan tersebut berjalan dengan khidmat dan lancar. Terlebih, ketika pembacaan sumpah oleh Bupati Tuban yang diikuti seluruh Kepala Desa. Dalam acara tersebut, setiap Kepala Desa hadir bersama keluarga, Ketua BPD dan Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa. Salah satu Kepala Desa yang ikut dilantik adalah Kepala Desa Semanding, Lik Suyanto.

Bupati Tuban menyampaikan bahwa setelah dilantik, tugas besar Kepala Desa sudah menunggu. Mulai dari RPJM Desa yang harus segera diselesaikan, kemudian dilanjutkan RKP Desa dan APBDesa yang juga harus segera diselesaikan bersama BPD sebelum akhir tahun. RPJM Desa sendiri merupakan salah satu hal terpenting dalam pemerintahan di tingkat desa karena mencakup visi misi dan rencana kegiatan pemerintahan selama enam tahun yang akan datang. Tentunya, RPJM Desa juga harus selaras dengan RPJMD Kabupaten Tuban.

"RPJM Desa harus segera dibuat dan ditetapkan setelah pelantikan ini, untuk desa yang berkemajuan." ujar beliau.

Setelah RPJM Desa ditetapkan, maka RKP Desa yang merupakan program satu tahun Pemerintah Desa harus segera disusun, sebelum melangkah ke APB Desa. Tiga hal tersebut yang harus sinkron dalam Pemerintahan Desa. Harus selaras dan tidak ada yang berseberangan antara RPJM Desa, RKP Desa dan APB Desa.

Selain itu, Kepala Desa juga harus memikirkan bahwa dana yang masuk ke desa harus dimaksimalkan sebaik mungkin agar desa mampu memiliki penghasilan sendiri dan menjadikan desa tersebut menjadi desa mandiri dan maju.

 



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus