08 Mei 2019 10:30:20
Ditulis oleh Admin

DESA SEMANDING MENUJU SMART VILLAGE

Aplikasi Tuban Smart City yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Tuban terus mengalami perkembangan. Salah satu fitur barunya yang masih disempurnakan adalah fitur surat online dari desa. Lima desa yang dianggap mampu oleh Diskominfo untuk ikut menyempurnakan dan memviralkan Tuban Smart City diundang di ruang Rapat Diskominfo Tuban kemarin (08/05).

Desa Semanding merupakan salah satu desa yang dianggap mampu oleh Diskominfo Tuban untuk memanfaatkan fitur surat online tersebut. Hal itu dipertimbangkan melalui tingkat keaktifan website desa se-Kab. Tuban. Selain Desa Semanding, hadir pula dari Desa Prunggahan Kulon, Desa Cokrowati, Desa Sugiharjo dan Desa Kembangbilo.

Acara yang dimulai pukul 14.00 WIB dibuka langsung oleh Bambang Fitrianto, S.Kom selaku Kasi Layanan dan Pemberdayaan TIK Diskominfo Tuban. Didampingi oleh Erina Letivina Anggraeni, M.Kom (Plt. Kasi Pengembangan Aplikasi Diskominfo Tuban) dan Widyi Utomo, S.Kom (Staf Diskominfo Tuban), beliau menyampaikan bahwa fitur surat online di aplikasi Tuban Smart City ini diharapkan bisa memudahkan masyarakat desa untuk mengurus surat-surat tertentu hanya dengan melalui smartphone yang dimiliki.

Gambaran singkat fitur surat online menurut beliau adalah masyarakat dapat mengajukan permohonan surat melalui aplikasi Tuban Smart City, kemudian pihak desa akan memproses surat tersebut dan status perkembangan proses pembuatan surat tersebut bisa melihat di menu tracking pelayanan. Ketika sudah selesai, di menu tracking pelayanan tersebut akan ada pemberitahuan bahwa surat sudah selesai dan dapat diambil dimana dan jam berapa.

Ahmad Shidqy selaku Sekretaris Desa Semanding sekaligus operator website desa Semanding menyampaikan beberapa masukkan untuk pengembangan aplikasi Tuban Smart City, seperti penambahan fitur notifikasi agar masyarakat bisa mengetahui proses surat tersebut tanpa perlu membuka terlebih dulu aplikasinya. Kemudian beliau juga mengusulkan agar masyarakat yang mengajukan permohonan juga harus melampirkan scan/foto surat pengantar RT, jadi agar ketua RT juga masih mengetahui bahwa warganya ada yang mengajukan permohonan surat.

Dalam acara tersebut, masing-masing desa menyampaikan masukkan kepada Diskominfo terkait pengembangan aplikasi surat online tersebut. Mulai dari jenis surat apa saja yang sering diminta oleh masyarakat, hingga ide-ide lain dari desa terkait pelayanan melalui Tuban Smart City. Harapan dari Diskominfo, desa-desa yang dianggap sudah mampu ini kelak bisa menjadi promotor di garis terdepan sebagai smart village di Tuban.


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus