16 April 2019 08:21:42
Ditulis oleh Admin

Mahasiswa Stikes NU Intervensi Musyawarah Masyarakat Desa Semanding Tuban

Mahasiswa Praktik Komunitas Enterpreneur (PKE) Prodi D3 Kebidanan, S1 Keperawatan dan Program Profesi melakukan intervensi dalam kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di Balai Desa Semanding, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Senin (15/4/2017) kemarin.

Rombongan mahasiswa PKE tersebut diketuai oleh Ahmad Febi S. dengan 22 anggota didampingi oleh Dosen Pendamping Akademik Bapak Hyan Oktodia Basuki,S.Kep.,Ns.,M.Kep, dan Ibu Mei Widyawati,S.Kep.,Ns.,M.Kep, pada kegiatan tersebut.

Pada kegiatan MMD tersebut, dihadiri oleh kepala desa beserta perangkat, bidan desa, perwakilan tokoh agama, ketua RT/RW dan perwakilan warga dari dusun serta desa setempat.

Setelah penyajian hasil survey kesehatan masyarakat Desa Semanding, maka ada beberapa masalah atau usulan yang diberikan oleh perwakilan mahasiswa, diantaranya:

  1. Pembuangan sampah terbuka, masyarakat mengetahui memang sebagian besar masyarakat membakar sampah rumah tangga mereka, masyarakat menyadari asap bakaran sampah tersebut bisa mengganggu saluran pernapasan warga. Penyebab masyarakat memilih membakar sampah adalah karena ekonomi masyarakat yang masih rendah, sehingga tak punya biaya untuk membayar petugas kebersihan yang mengangkut sampah tiap bulannya.
  2. Aktifitas fisik yang kurang/tidak pernah olahraga, warga Desa Semanding kurang melakukan olahraga dalam rutinitas sehari-hari. Hal tersebut terjadi karena kurangnya kesadaran untuk melakukan pola hidup yang seha
  3. Hipertensi, berdasarkan hasil pengkajian banyak ditemui warga Desa Semanding yang menderita hipertensi rata-rata berusia 40 tahun keatas.

Untuk itu mahasiswa dan warga memusyawarahkan berbagai alternatif penyelesaian, mengenai berbagai hal yang menyangkut masalah kesehatan pada warga Desa Semanding. Beberapa diantaranya yang telah disepakati yaitu:

  1. Melakukan penyuluhan mengenai pengolahan sampah yang baik, agar tak menimbulkan polusi dan pencemaran serta melakukan aktivitas bersama, gotong royong kebersihan serta mempraktikan cara pengolahan sampah yang baik dan tidak mencemari lingkungan.
  2. Mengadakan senam sehat, dan relaksasi pada masyarakat.
  3. Mengadakan penyuluhan mengenai hipertensi, dan penanaman toga sebagai obat anti hipertensi secara tradisional di rumah.

Akhirnya, musyawarah berlangsung dengan baik dan hikmat, diakhiri doa. Semua perangkat acara dan strukturnya berjalan dengan baik dan aktif. Musyawarah ini tentu bertujuan mufakat, agar masyarakat sama-sama tau, mahasiswa datang untuk membantu masyarakat meringankan sedikit masalah kesehatan, dan berbagi ilmu sedikit yang dimiliki mahasiswa. Semoga segala rencana yang akan dilaksanakan berjalan dengan lancar. Aamiin.

 

Ditulis oleh : 

Ana Susilowati (Citizen Reporter)

Mahasiswi Program Profesi STIKES NU Tuban


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus