08 April 2019 10:26:43
Ditulis oleh Admin

Seni Bonsai

Mungkin hanya sedikit dari kita yang mengenal dan menyukai bonsai. Tahukah apa itu bonsai? Bonsai  adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Bonsai memiliki keindahan tersendiri yang bisa kita nikmati apabila melihatnya.

Cikal bakal perkembangan bonsai di Tuban sendiri ternyata berasal dari Desa Semanding, lebih tepatnya dari sebuah gang di Dusun Semanding Barat yang sekarang bernama Gang Bonsai. Apabila kita melewati gang tersebut, akan terlihat jelas banyak tanaman bonsai yang berjejer rapi.

Perlu diketahui pula, bahwa di Desa Semanding juga terdapat basecamp dari PPBI (Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia) Cabang Tuban. Perkumpulan yang sudah lebih dari 16 tahun ada di Tuban ini merupakan wadah bagi berkumpulnya penggemar bonsai di Kabupaten Tuban. Melalui PPBI, masyarakat umum bisa belajar mengenal dan mengembangkan tanaman mereka menjadi bonsai yang bernilai seni tinggi.

“Basecamp PPBI yang ada di Desa Semanding ini terbuka untuk umum, tidak hanya anggota PPBI saja. Jadi, apabila ada masyarakat yang ingin melihat, mengenal dan belajar tentang bonsai silahkan datang ke basecamp kami. Tanpa dipungut biaya apapun, kami sangat welcome terhadap masyarakat,” kata Pak Wenny selaku Humas PPBI Cab. Tuban.

Menurut beliau, yang juga merupakan Juri Utama Nasional Bonsai, bonsai merupakan sebuah seni yang bernilai tinggi. Bayangkan saja, bakal-bakal tanaman yang hanya dijual mulai 50rb, bisa memiliki nilai jual dari jutaan bahkan puluhan juta rupiah setelah dirawat dan dibentuk sedemikian rupa.

Di basecamp PPBI Cab. Tuban, kita bisa melihat berbagai macam bonsai, mulai dari bakal bonsai, hingga bonsai yang sudah jadi dan sering diperlombakan di berbagai event yang berharga puluhan juta rupiah. Tidak hanya melihat, tapi kita juga dapat belajar, sharing dan juga membeli bakal-bakal tanaman bonsai yang dijual disana mulai 50rb saja.

PPBI Cab. Tuban juga seringkali mengadakan event pameran bonsai dengan tujuan mengedukasi masyarakat Tuban terkait seni bonsai. Kegiatan seperti ini tentunya selalu mendapat dukungan dari pihak Pemerintah Desa dan Pemerintah Kecamatan Semanding.

 Untuk melihat koleksi fotonya, klik disini.

Informasi lebih lanjut mengenai seni bonsai, bisa menghubungi Pak Wenny : 0813-3442-3117.

 


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus