04 April 2019 09:36:08
Ditulis oleh Admin

Aneka Kripik GERUS

Salah satu produk oleh-oleh khas Tuban yang sudah dikenal masyarakat luas adalah aneka kripik olahan Gerus. Tetapi, tahukah dimana proses pembuatan kripik Gerus tersebut? Mungkin hanya sedikit masyarakat Tuban yang mengetahui bahwa rumah produksi kripik Gerus bertempat di Desa Semanding, tepatnya di RT. 02 RW. 01 Dusun Semanding Barat.

Gerus mengolah berbagai jenis umbi-umbian, buah-buahan, hingga daun-daunan menjadi kripik. Berbagai tanaman yang diolah seperti singkong, ubi, kentang, pisang, wortel, nangka, sukun, gayam, labu, bayam, melinjo, talas hingga daun kelor .Tidak hanya menjual kripik, tetapi Gerus juga memproduksi dan menjual produk-produk lainnya, seperti stik keju, cipir-cipiran, kemplang hingga rengginang.

Bermula dari Bu Susi dan Pak Samad yang hanya bermodalkan 28 ribu pada tahun 2005, digunakanlah uang tersebut untuk membeli pisang yang selanjutnya diolah menjadi kripik pisang. Dari tahun 2005 yang hanya bermodalkan 28 ribu, saat ini Gerus memiliki omset antara 40-60 juta setiap bulannya dengan 7 karyawan. Saat ini, Gerus juga membantu perekonomian masyarakat Desa Semanding, dengan menampung berbagai kripik yang dibuat oleh masyarakat sekitar, yang kemudian dikemas untuk memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Produk-produk Gerus sendiri tidak hanya dipasarkan di Tuban, tetapi hingga ke Surabaya, Sidoarjo, Magetan bahkan Magelang. Tidak hanya itu, terkadang di berbagai tempat wisata seperti di Malang, kita sesekali dapat menemukan produk kripik Gerus.

Selain memiliki ijin usaha yang legal, Gerus juga memiliki sertifikat “Halal” dari MUI, piagam Bintang Satu kemanan pangan oleh BPOM RI bahkan ISO. Tidak hanya itu, Gerus juga memiliki sejumlah prestasi yang membanggakan, diantaranya juara 1 kategori IKM Makanan dan Minuman IKM Berprestasi tahun 2015, juara 3 lomba Adhikarya Pangan Nusantara kategori Pemangku Ketahanan Pangan tingkat Kab. Tuban, serta juara 2 Pelaku Usaha Olahan Tanaman Pangan dan Holtikultura lomba Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Timur tahun 2018.

Berbagai universitas, kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sering mengunjungi Gerus untuk belajar dan melakukan pelatihan terkait olahan kripik. Produk-produk Gerus sendiri dijual dalamberbagai ukuran kemasan, mulai dari 120 gram, hingga kemasan kiloan. Untuk harganya sendiri relatif sangat terjangkau, mulai dari 6 ribuan hingga puluhan ribu.

Bagi yang ingin melihat contoh-contoh produk Gerus, silahkan mengunjungi toko Gerus di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 47 Tuban (Sebelah Barat Perempatan Polres Tuban) atau rumah produksi di Dsn. Semanding Barat RT. 02 RW. 01 Desa Semanding, Kec. Semanding.

Beberapa contoh produknya bisa dilihat  disini.

Untuk pemesanan bisa menghubungi : 0853 3043 7437 (WA), 0853 3144 1535 (WA), 0819 3949 8493 (HP).


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus